Pelatihan Pembuatan Roti & Kue Menciptakan Peluang Menjadi Pengusaha Bakery

Pelatihan Pembuatan Roti & Kue Menciptakan Peluang Menjadi Pengusaha Bakery

Indonesia adalah surganya kuliner dunia, kualitas makanan asli Indonesia sudah diakui dan terkenal di Mancanegara. Rendang, Nasi Goreng, Sate pernah menduduki rangking 10 besar makanan terlezat di dunia versi BBC 2019. Selain kaya akan makanan tradisional, rempah-rempah khas nusantara merupakan komiditi andalan, bahkan sejak zaman VOC sudah jadi bahan incaran negara kolonial untuk digunakan sebagai bumbu dapur di eropa.

Makanan sendiri adalah kebutuhan primer, dan perkembangan industri makanan dalam hal ini food & beverage mengalami kemajuan yang signifikan. Tidak hanya soal makanan tradisional dan makanan berat, industri makanan ringan baik itu cemilan, kudapan, aneka snack juga semakin variatif. Lihat saja semakin banyak toko roti, pusat oleh – oleh, cafe, kedai kopi, fast food berdiri menjamur di kota dan desa. Roti dan kue contohnya, keberadaannya semakin digemari dan mulai menggoyang eksistensi nasi sebagai makanan pokok. Untuk itulah BLK Kabupaten Grobogan membuka pelatihan roti & kue guna menjawab permintaan dari masyarakat dan peluang bisnis roti & kue.

Pelatihan Roti & Kue berlangsung selama 18 hari atau 140 JP dan  di ikuti oleh 16 orang. Dengan background yang beragam baik remaja sampai emak – emak, dari lulusan SMP sampai dengan lulusan perguruan tinggi. Semua begitu semangat untuk menyerap ilmu yang disampaikan oleh instruktur yang sudah kompeten. Harumita Prasasti adalah instruktur yang mengajar, ibu satu anak ini memang sudah malah melintang di dunia perkulineran. Selain punya pengalaman mengajar sebagai guru boga di SMK N 6 Surabaya, ibu muda satu ini masih menyempatkan waktunya untuk bikin buku tentang kuliner. Tentu juga selain bekal akademis lulusan S1 Pendidikan boga, juga telah lulus uji kompetensi sebagai asesor boga, nah komplitkan.

Dari tanggal 7 februari sampai dengan 4 maret peserta mendapatkan materi pelatihan baik teori mapun praktik. Hasil praktik peserta diantaranya: batik roll cake, birthday cake with genoise cake sebagai cake dasar, lapis Surabaya ekonomis, brownies cake, muffin cake, fruit pie, chocochips, putri salju, nastar, lidah kucing, kastangel, sweet bread, hotdog bun dan burger bun. Sebagai penutup pelatihan pada tanggal 5 maret dilaksanakan Uji Kompetensi oleh LSP BBPLK Semarang dan hasilnya 15 orang direkomendasikan Kompeten. Tentu hal tersebut sangat membanggakan bagi BLK Grobogan. Selain soal instruktur, peserta pelatihan, program pelatihan, sukses tidaknya sebuah pelatihan ditunjang pula dengan sarana dan prasana pelatihan yang memenuhi standar.

Kita berharap setelah mengikuti pelatihan roti & kue para alumni bisa berkarya di dunia nyata.  Sebagai karyawan toko roti, pembuat olahan kue dan roti dan penguasaha di bidang bakery, Aamiin.

 

 

 

 

Berlangganan Berita

Selalu dapatkan kabar terbaru dari BLK Grobogan dengan mengirim email Anda

Kontak Kami

  • Jalan Gajah Mada No 30 A Purwodadi Kabupaten Grobogan 58111
  • Telepon (0292) 421731
    Info Pendaftaran 085326748008, 085728936920
  • blk.grobogan@yahoo.com

Tentang Kami

UPTD Balai Latihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Grobogan menyelenggarakan berbagai program pelatihan kerja mulai dari tingkat dasar sampai dengan tingkat terampil.

BLK Kabupaten Grobogan @2019